Hubungan Backlink dan On Page SEO

Ilmu SEO GratisHubungan Backlink dan On Page SEO - Satu rahasia buat anda. Sebenarnya yang membuat anda bisa ranking tinggi di Google adalah backlink. Bukan on page SEO, bukan konten. On page SEO membantu dengan meletakkan anda di kata kunci pencarian yang anda inginkan, tapi backlink lah yang memberi situs atau halaman anda ‘kekuatan’ untuk bisa ranking tinggi di kata kunci tersebut.


Analogi sederhananya seperti ini. Bayangkan anda sedang dalam kejuaraan memanah. Anda perlu memanah sebanyak mungkin apel yang anda bisa. Apel yang harus anda panah letaknya bervariasi, ada yang 1 meter di depan anda, ada yang letaknya 2,2 meter di samping anda, ada yang 3 meter di atas anda, ada yang 5 meter di hadapan anda, dan ada yang letaknya 10 meter di belakang anda. On page SEO adalah ibaratnya cara anda mengarahkan panah anda ke apel yang anda tuju. Semakin baik anda membidik apel-apel tersebut, maka akan semakin bagus. Kemungkinan anda untuk mengenai apel tersebut jelas lebih tinggi. Tapi backlink atau off page SEO adalah ibarat kekuatan dibalik tarikan busur anda. Anda pasti tahu jika anda tidak menarik busur anda cukup kuat, tak akan ada cukup tenaga bagi anak panah anda untuk mengenai apel yang anda bidik. Semakin kuat tarikan busur anda (backlink anda), maka semakin kuat dan kencang anak panah anda melaju. Semakin mampu anak panah anda untuk menjatuhkan dan melubangi apel-apel tersebut. Dan kombinasi dari kedua hal ini (membidik dan tarikan busur) adalah esensi dasar dari SEO.

Anda mungkin komplain, “Halaman saya tidak saya kasih backlink tapi bisa rank #1 atau halaman #1 hanya dengan konten dan on page SEO”. Ada beberapa alasan dari hal tersebut:
  1. Kompetitor anda lemah dan tak begitu tahu tentang SEO. Saya juga sering mengalami ini untuk situs lele saya. Saya bikin halaman, lakukan on page SEO, dan ranking halaman pertama. Satu-satu alasannya adalah karena petani lele tidak tahu cara bikin situs dan cara SEO.
  2. Keyword anda merupakan Long Tail Keyword (keyword panjang, lebih dari dua frase dan tidak memiliki banyak search potential). Sangat jarang ahli SEO yang secara aktif mentarget long tail keyword kecuali keyword tersebut memiliki potensi pencarian dan potensi trafik yang tinggi. Jika tak ada kompetisi yang aktif untuk suatu keyword, tentu saja mudah ranking. Ibaratnya adalah, jika apel sasaran anda hanya 3 cm di bawah anda, tentu anda arahkan panah anda ke bawah dan jatuhkan panah anda anda sudah bisa kenai apel tersebut.
  3. Anda pintar cari keyword. Beberapa keyword memiliki search potential dan profit potential yang tinggi, tapi dilewatkan oleh banyak orang. Jika anda bisa menemukan keyword-keyword seperti ini memiliki pencarian tinggi, dan potensi profit yang tinggi secara terus menerus, saya harus salut pada anda karena itu artinya anda berbakat dalam keyword research.
  4. Domain authority anda kuat. Jika domain anda adalah domain yang trustworthy bagi Google, memiliki banyak link dari situs authoritative (PR 3+), kekuatan link dari domain anda akan ‘mengalir’ ke halaman dalam anda. Menjadikan anda ranking pertama hanya dengan on page SEO.
  5. Dan banyak alasan lain yang saya malas jelaskan dan saya mungkin tak tahu…


Tapi saya janji akan lebih baik lagi jika anda tahu tentang backlink sehingga jika halaman anda tidak ranking #1, anda tahu yang harus anda lakukan. Lanjut ke halaman selanjutnya!

Backlink yang Sempurna
Tidak semua backlink diciptakan sama. Dan anda harus sadar bahwa tidak semua backlink akan membantu anda meraih posisi tinggi di Google. Beberapa backlink malah bisa jadi menjadi penyebab kenapa kok situs anda tidak pernah ranking tinggi di Google. Jika yang selama ini anda lakukan adalah dengan membangun link secara gila-gilaan, besar kemungkinan anda akan mengalami satu dari tiga hal ini:
  1. Mendapatkan hasil nol (bayangkan memberikan rocket launcher pada anak usia 7 tahun dan mengharapkan hasil yang bagus).
  2. Mendapatkan Google slap, Google ban, Google sandbox, dan apapun istilah kesukaan anda, yang akan membuat situs anda hilang dari peredaran.
  3. Jadi gila. Saya dan anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Oleh karenanya saya ingin anda untuk betul-betul memperhatikan apa yang akan saya katakan di blog ini.


Bersambung…

4komentar:

Silahkan berkomentar yang relevan ya sobat.